Sabtu, 28 Mei 2011

PROGRAM KEGIATAN TAEKWONDO DOJANG TASIK SELATAN


PROGRAM KEGIATAN  TEAEKWONDO TASIK SELATAN
       I.            PENDAHULUAN
Kegiatan Olah Raga Beladiri Taekwondo memilki nilai strategis dalam pengembangan kehidupan berorganisasi. Organisasi merupakan wadah untuk penyampaian aspirasi. Kegiatan Olah Raga Beladiri Taekwondo merupakan salah satu tempat untuk mengembangkan kehidupan berorganisai. Disamping itu, kegiatan Olah Raga Beladiri Taekwondo merupakan salah satu wadah untuk pengembangan minat dan bakat yang dimiliki oleh setiap siswa. Olah Raga Beladiri Taekwondo adalah salah satunya.
Agenda besar Olah Raga Beladiri Taekwondo adalah menjadikan organisasi ini menjadi wadah untuk penyaluran energi dan pikiran ke arah yang positif. Seperti kita ketahui bahwa zaman sekarang banyak generasi muda yang telah salah memilih tempat untuk penyaluran energi dan pikirannya. Olah Raga Beladiri Taekwondo bertekad untuk mampu menjadi organisasi yang dinamis, fleksibel, dan menarik untuk dijadikan tempat penyaluran bakat dan minat ataupun energi dan pikiran kea rah yang positif.
Taekwondo Tasik Selatan telah memantapkan dirinya untuk mencetak generasi muda penerus bangsa yang maju dan berkembang. Karena pada organisasi ini tidak hanya diajarkan latihan fisik tetapi juga mental dan pikiran yang terbuka untuk menghadapi tantangan persaingan dunia.
    II.            SEJARAH TAEKWONDO
·         Sejarah Masuknya Taekwondo ke Indonesia
Taekwondo mulai berkembang di Indonesia pada tahun 70-an , dimulai aliran Taekwondo yang berafiliasi ke ITF ( International Taekwondo Federation ) yang pada waktu itu bermarkas besar di Toronto Kanada, aliran ini dipimpin dan dipelopori oleh Gen. Choi Hong Hi, kemudian berkembang juga aliran Taekwondo yang berafiliasi ke WTF ( The World Taekwondo Federation ) yang berpusat di Kukkiwon, Seoul, Korea Selatan dgn Presiden Dr. Un Yong Kim.
Pada waktu itu, di Indonesia kedua aliran ini yang masing - masing mempunyai organisasi ditingkat nasional yaitu Persatuan Taekwondo Indonesia ( PTI ) yg berafiliasi ke ITF dipimpin oleh Letjen. Leo Lopolisa dan Federasi Taekwondo Indonesia ( FTI ) yg berafiliasi ke WTF dipimpin oleh Marsekal Muda Sugiri .
Atas kesepakatan bersama dan melihat prospek perkembangan didunia olahraga International dan Nasional , maka Musyawarah Nasional Taekwondo pada Tanggal 28 maret 1981 berhasil menyatukan kedua organisasi Taekwondo tersebut, menjadi organisasi baru yang disebut Taekwondo Indonesia dan dipimpin oleh Leo Lopolisa sebagai Ketua Umumnya, sedangkan struktur organisasi ditingkat nasionalnya disebut PBTI ( Pengurus Besar Taekwondo Indonesia ) dan berpusat di Jakarta. Munas Taekwondo Indonesia I pada Tanggal 17 - 18 September 1984 menetapkan Letjen. Sarwo Edhie Wibowo ( Alm. ) sebagai Ketua Umum Taekwondo Indonesia periode 1984 - 1988, maka era baru Taekwondo Indonesia yang bersatu dan kuat dimulai. Selanjutnya Taekwondo Indonesia sempat dipimpin oleh Soeweno, Harsudiyono Hartas, dan sekarang oleh Letjen ( Mar ) Suharto.
Kini Taekwondo Indonesia telah berkembang di seluruh propinsi di Indonesia dan diikuti aktif oleh lebih dari 200.000 anggota , angka ini belum termasuk yang tidak secara aktif berlatih. Taekwondo telah dipertandingkan sebagai cabang olahraga resmi di arena PON. Beberapa atlet yang pernah berjaya membela negara di event International antara lain seperti : Budi Setiawan, Rahmi Kurnia, Siauw Lung, Yefi Triaji, Lamting , Yeni Latif, Dirk Richard, dan sebagainya. dimasa Thn 1986 s/d Thn. 1993 . Pada generasi berikutnya antara lain seperti Yuana Wangsa Putri yang mewakili Indonesia di even Olympic Games 2000, Sidney dan Ika Dian Fitria yang berhasil meraih medali emas Kejuaraan Dunia Yunior pada November 2000.
·         Sejarah Masuknya Taekwondo ke Kabupaten Tasikmalaya
·         Sejarah Masuknya Taekwondo ke Tasik Selatan
Perkembangan Taekwondo cukup pesat di Kabupaten Tasikmalaya. Tebukti dalam perjalanannya telah berkembang beberapa unit cabang Taekwondo di Kabupaten Tasikmalaya.. SMPN 1 Sukaraja, SMAN 1 Jatiwaras,SMPN1 Jatiwaras, MAN dan MTSN Talegong, SMPN1 Salopa, MA An’nur, SMPN2 Cikatomas, dan MTSN Cikatomas mnyebut dirinya sebagai TaekwondoTasik Selatan sebagai Wadah Organisasinya. Awal mula berdirinya Taewkondo Tasik Selatan  pada tahun 2004 sampai sekarang. Taekwondo telah mampu mencetak ± 560 peserta dalam catatannya. Pada awal tahun 2010 Taekwondo Tasik Selatan masih berdiri dibawah asuhan pelatih Sabum Tatang Triyadi  sampai sekarang.
 III.            TUJUAN
Laporan program kerja ini dibuat sebagai acauan bahan pertimbangan berbagai pihak tentang keberadaan Taekwondo Tasik Selatan.
 IV.            PROGRAM LATIHAN TAEKWONDO TASIK SELATAN
Program latihan Taekwondo Tasik Selatan  di bagi atas 2 bagian :
1.      Program Latihan Reguler
Hari : Rabu ,Jum’at dan Minggu
Waktu : 14.00 – 17.30, 08.00 – 11.30 WIB
Tempat : Kampus SMPN1 Salopa, SMPN2 Cikatomas dan MTSN Cikatomas.MTSN Setiawangi Salopa.
2.      Program Latihan khusus ( Asisten Pelatih  )
Hari : Minggu ( setiap minggu pertama )
Waktu : 08.00 – 11.30 WIB
Tempat : Kampus SMPN1 Salopa

·         Rincian Kegiatan
1.      Penerimaan Anggota Baru
Penerimaan anggota baru selalu diadakan pada awal tahun ajaran baru. Penerimaan anggota baru dimulai dengan pengenalan Taekwondo (Demonstrasi) kepada peserta MOPD.
2.      Peresmian Anggota Baru
Peresmian anggota baru diadakan setelah penerimaan anggota baru ditandai dengan penyerahan sabuk secara simbolik dari pelatih kepada anggota.
3.      Latihan Rutin
Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa Taekwondo Tasiki Selatan mempunyai 2 program latihan yaitu program regular dan khusus
Terminologi Taekwondo:
Korea
Indonesia
Sabeum
Instruktur
Sabeum Nim
Instruktur Kepala
Seonbae
Senior
Hubae
Junior
Tae Kwon Do Junshin
Prinsip Ajaran Tae Kwon Do
Dobok
Seragam Tae Kwon Do
Joonbi
Siap
Kalryeo
Stop
Keysok
Lanjutkan
Keuman
Selesai
Eolgol
Sasaran atas
Moumtong
Sasaran tengah
Arae
Sasaran bawah
Kyungrye
Hormat
chariot
mempersiapkan diri
Sijak
Mulai (Tanpa Komando(biasa dilakukan di poomse))
Pukulan
Korea
Indonesia
Chi Jireugi
Pukulan Dari Bawah Keatas
Dolryeo Jireugi
Pukulan Mengait
Pyojeok Jireugi
Pukulan Dengan Sasaran
momtong jireugi
pukulan mengarah ke tengah(pukulan mengarah ke ulu hati)
are jireugi
pukulan ke bawah
oreon jireugi
pukulan dengan tangan kanan yang dilakukan sambil menendang(ap chagi)
Eolgol jireugi
pukulan ke atas (pukulan mengarah ke kepala)
hengek
Menunduk
ap chumbi
Siap
Yeop Jireugi
Pukulan Samping
Tangkisan
Korea
Indonesia
Aremagi
Tangkisan bawah
Eolgol Ceceumaki
Tangkisan ke arah kepala
Bakat Momtong Bakat Magi
Tangkisan dari arah dalam menggunakan bagian dalam lengan bawah
Bakat Momtong An Magi
Tangkisan dari arah dalam menggunakan bagian luar lengan bawah
An Magi
tangkisan dari arah luar
Bina Magi an magi
tangkisan yang dimulai dari lengan bawah dan saat masuk ke dalam harus melalui lengan atas
An palmok montong bakat magi
tangkisan ke arah lengan bawah

Tendangan
Korea
Indonesia
Ap Chagi
Tendangan depan
Dollyo Chagi
Tendangan setengah melingkar
Yeop Chagi
Tendangan samping menggunakan pisau kaki
Dwi Chagi
Tendangan belakang
Twieo Dwi Chagi
Tendangan belakang yang dilakukan sambil melompat
Twieo Yeop Chagi
Tendangan samping yang dilakukan sambil melompat
Goley chagi
Tendangan ganda
Sip Chagi An Chagi
Tendangan yang dilakukan sambil melompat dan tangkisan aremaki
Penriyti Chagi
Tendangan keliling
Dwi Hurigi
Tendangan berputar melalui belakang
Del'o chigi
Tendangan mencangkul ke arah kepala menggunakan tumit

4.      Ujian Kenaikan Tingkat
Ujian kenakan tingkat diadakan setiap 3 bulan sekali. Ujian kenaikan tingkat diselenggarakan di GGM Tasikmalaya atau GOR Kec. Salopa dengan peserta dari seluruh Unit Cabang yang ada di Wilayah Tasik Selatan.
5.      Kejuaraan
Kejuaraan Taekwondo terbagi atas dua bagian yaitu :
a.       Kejuaraan POOM SAE (Jurus)
b.      Kejuaraan Kyorugi (Sparing)
    V.            ANGGARAN BIAYA KEGIATAN  TAEKWONDO TASIK SELATAN
1. Anggaran
-          Kegiatan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) sebesar Rp.500.00,- diperuntukan sewa tempat dan trasport penguji.
-          Kegiatan Pelatihan Pemantapan Asisten Pelatih di Bandung sebesar Rp. 1.600.000,- diperuntukan traspor 8 orang asisten pelatih dalam kurun waktu pelatihan dua hari.
2.      Kegiatan
-          Akhir Bulan Maret 2011 mengadakan Ujian Kenaikan Tingkat
-          Akhir Bulan April Tasik Open ( Kejurda )
 VI.            DAFTAR ANGGOTA TAEKWONDO TASIK SELATAN
Anggota Taekwondo Tasik Selataan saat ini Januari s/d maret mencapai 150 orang.

1 komentar:

  1. Mohon Ijin Saboem Nim..Salam Tae Kwon Do. Perkenalkan Saya Rommy Rahanjaan dari Dojang Brimob Kab. Sumba Timur NTT. Mohon sekiranya ada contoh rencana kerja tahunan Saboem Nim bisa di bagikan ke saya. Terima Kasih sblmnya Saboem Nim. Salam Tae Kwon Do

    BalasHapus